Ekspresia
Beranda Kesehatan 5 Cara Meredakan Nyeri Haid, Dijamin Efektif!

5 Cara Meredakan Nyeri Haid, Dijamin Efektif!

Cara meredakan nyeri haid cukup bervariasi, tergantung faktor penyebabnya. Jika, nyeri haid menyerang Anda selama menstruasi, maka salah satu cara meminimalisirnya adalah dengan menggunakan pembalut yang nyaman. Salah satunya adalah produk pembalut Laurier.

Produk pembalut Laurier menawarkan banyak varian, yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Mulai dari pembalut fit shape, active day x-tra maxy, natural clean, relax night, dan lainnya. Saatnya mengucapkan selamat tinggal untuk bocor, keputihan, dan segala problematika organ intim lainnya!

5 Cara Meredakan Nyeri Haid dengan Mudah

Ketika periode datang bulan tiba, Anda perlu merasa tenang terlebih dahulu. Setelahnya, baru bisa menjalankan tips-tips sederhana berikut, supaya tidak lagi terasa sakit selama haid.

1. Kompres dengan Air Hangat atau Menstrual Cramp Relief Patch

Cara pertama yang bisa Anda lakukan menurut laman RS Mitra Keluarga adalah dengan mengompres perut (sedikit di atas vagina) dengan air hangat. Sekarang ini, banyak produk wadah kompres khusus untuk meredakan nyeri haid. Selain alat kompres, Anda bisa menggunakan plester pereda nyeri menstruasi sebagai alternatif.

2. Atur Diet

Asupan makanan menjadi cara meredakan nyeri haid yang berikutnya menurut laman Siloam Hospitals. Maka, sebisa mungkin, kurangi konsumsi makanan tinggi lemak dan gula.

Sebab, jenis makanan tersebut rentan menyebabkan perut begah, sehingga kram akan semakin menyiksa. Oleh karena itu, utamakan konsumsi sayuran dan makanan atau minuman berserat tinggi selama menstruasi.

3. Relaksasi Pikiran dan Tubuh

Pikiran yang terlalu tertekan dan fisik lelah berlebihan, juga dapat menjadi pemicu nyeri haid muncul. Sebab, kondisi ini menyebabkan hormone kortisol diproduksi berlebih, kemudian menekan dinding perut yang menyebabkan kram berkepanjangan.

Maka dari itu, menurut laman Puskesmas Kuta Selatan Kabupaten Bandung, pastikan pikiran tetap santai dan istirahat yang cukup untuk meminimalisir rasanya nyerinya.

4. Olahraga Rutin Selama 30 Menit

Cara meredakan nyeri haid berikutnya yang kami lansir dari laman Alodokter adalah dengan melakukan olahraga ringan secara rutin selama 30 menit setiap hari. Tujuannya untuk melepaskan hormon endorfin, yang efektif memunculkan sugesti ‘sembuh’ pada tubuh. Anda bisa memilih olahraga yang sekaligus merelaksasi tubuh maupun pikiran, seperti yoga dan pilates.

5. Konsumsi Obat Pereda Nyeri

Langkah terakhir adalah dengan mengkonsumsi obat pereda nyeri, menurut laman Alodokter, bila langkah-langkah sebelumnya tidak membuahkan hasil. Perhatikan aturan konsumsinya dengan baik, supaya tidak berbalik menjadi zat racun yang menumpuk dalam tubuh. Biasanya, obat pereda nyeri haid mudah diperoleh di apotek terdekat.

Meredakan Nyeri Haid Tidak Sulit Bukan?

Faktanya, cara meredakan nyeri haid ternyata tidak sesulit yang Anda bayangkan, bukan? Mulai dengan kompres, atur asupan makanan, relaksasi, olahraga, dan minum obat, bisa Anda coba secara bertahap. Jika memang tidak membuahkan hasil, baru konsultasikan dengan dokter.

Bagikan:

Iklan