Ekspresia
Beranda Info Menarik 6 Cara Merawat Sparepart Alat Berat, Anda Wajib Tahu!

6 Cara Merawat Sparepart Alat Berat, Anda Wajib Tahu!

Sebagaimana halnya sparepart motor dan mobil, spare part alat berat Kobexindo juga perlu Anda rawat dengan baik dan benar. Pemeliharaan sparepart sendiri tergolong sangat penting. Selain untuk menjaga performanya tetap maksimal, pemeliharaan juga dapat menghindari kerusakan yang parah.

Kerusakan Apalagi, kerusakan sparepart alat berat membutuhkan dana yang sangat besar.Lantas, bagaimana cara merawat sparepart alat berat? Berikut ini beberapa cara yang wajib Anda coba.

Cara Merawat Sparepart Alat Berat

Umumnya, terdapat beberapa cara merawat sparepart alat berat yang dapat Anda lakukan. Dengan merawatnya secara tepat, komponen-komponen sparepart akan tahan lama.

1.  Jaga Kebersihan Semua Komponen

Cara yang pertama ialah dengan menjaga kebersihan semua komponen, termasuk mesin. Berdasarkan Cermati Protect, menjaga kebersihan mesin adalah salah satu perawatan yang umum dan mesti Anda lakukan secara berkala.

Hal ini bertujuan supaya komponen-komponen tersebut tidak gampang berkarat. Silakan bersihkan komponen sparepart secara rutin, jangan sampai berkarat, ya.

2. Pertimbangkan Faktor Cuaca dan Iklim

Ternyata, merawat alat berat bukan hanya perlu memperhatikan kondisi alat beratnya. Namun, juga mesti memperhatikan faktor cuaca. Seperti cuaca dan iklim. Cuaca ekstrim dapat bisa menyebabkan downtime mendadak

3. Jadwalkan Perawatan Rutin

Berikutnya, jadwalkan perawatan secara rutin. Mempunyai jadwal perawatan rutin merupakan salah satu bentuk perawatan yang serius. Anda dapat menjadwalkan perawatan harian, mingguan, kemudian bulanan, sampai tahunan.

4. Rutin Mengganti Saringan Oli

Cara berikutnya adalah dengan mengganti saringan oli secara rutin. Ini merupakan salah satu cara merawat sparepart yang wajib Anda lakukan. Dalam hal ini, silakan ganti saringan tersebut apabila sudah mencapai 2.500 jam penggunaan.

Tujuannya adalah untuk menghindari adanya benda asing dan kotoran. Apabila tidak Anda ganti secara rutin, bisa membuat  saringan tersumbat dan penuh. Sehingga, dapat menyebabkan saringan tidak berfungsi secara maksimal.

5. Gunakan Minyak Pelumas Khusus

Sementara cara yang berikutnya adalah dengan menggunakan minyak pelumas khusus.

Ternyata, pada beberapa jenis mesin atau komponen alat berat membutuhkan pelumas yang khusus dalam mencegah karat. Maka, Anda dapat menggunakan pelumas khusus, sesuai merk yang dianjurkan.

6. Hindari Penggunaan Temperatur Berlebihan

Cara selanjutnya adalah menghindari penggunaan temperatur yang berlebihan. Apabila Anda menggunakan temperatur berlebihan dengan intensitas yang tinggi, dapat menyebabkan kebocoran mesin.

Sehingga, bagian komponen di dalamnya juga ikut rusak. Memastikan alat berat tidak digunakan dengan temperatur yang berlebihan merupakan tugas operator, ya. Hal ini juga berlaku ketika Anda menggunakan spare part alat berat Kobexindo.

Kobexindo merupakan perusahaan yang fokus pada bidang penjualan, pengadaan suku cadang, dan perawatan alat berat.

Kobexindo telah beroperasi lebih dari 10 tahun dan telah menjadi pilihan perusahaan-perusahaan besar di tanah air. Beli, perbaiki alat berat Anda di Kobexindo.

Bagikan:

Iklan