Ekspresia
Beranda Kesehatan Yuk Cegah Neuropati dengan Terapkan Pola Makan Sehat Ini!

Yuk Cegah Neuropati dengan Terapkan Pola Makan Sehat Ini!

Ayah merupakan sosok pahlawan bagi keluarganya. Selain mencari nafkah di luar rumah, ketika ada pekerjaan berat di rumah pun, sosok inilah yang akan menanganinya. Padatnya kegiatan seorang ayah membuatnya tidak jarang mengalami kesemutan.

Kesemutan merupakan salah satu ciri adanya kerusakan saraf tepi, khususnya karena posisi tubuh tertentu dengan frekuensi yang terlalu sering. Oleh sebab itu, sebagai sosok penting bagi keluarga, Ayah harus mulai menjaga kesehatannya.

Berikut ini beberapa pola makan sehat yang bisa membantu Ayah mencegah Neuropati. Simak penjelasannya sampai selesai, ya!

Mengendalikan Gula Darah

Perlu Ayah ketahui bahwa ada penyakit bernama Neuropati diabetik yang merupakan salah satu komplikasi diabetes yang cukup sering terjadi. Maka dari itu, Ayah perlu memilih makanan yang kaya akan serat seperti sayuran, buah, biji-bijian, dan produk susu rendah lemak.

Selain itu, Ayah juga bisa mengonsumsi protein rendah lemak dari daging tanpa tulang, dada ayam tanpa kulit, atau ikan.

Pola makan seperti ini tidak hanya memperbaiki saraf yang sudah terlanjur rusak, namun juga bisa membantu mencegah adanya kerusakan yang lebih lanjut lagi.

Menghindari Gluten

Beberapa orang memang sangat sensitif dengan kandungan gluten pada makanan. Gluten tersebut dapat mengakibatkan beberapa gejala neuropati muncul seperti kesemutan. Makanan yang kaya akan gluten seperti mie, pasta, roti, dan semua makanan yang mengandung tepung terigu.

Oleh sebab itu, untuk menghindari gluten, Ayah bisa mengganti konsumsi tepung terigu dengan tepung beras, tepung jangung, tepung tapioka, tepung kedelai, maupun tepung bebas gluten lainnya.

Memenuhi Asupan Vitamin B

Selain kedua cara di atas, Ayah juga perlu mengoptimalkan asupan vitamin B1, B6, dan B12 yang sangat penting untuk kesehatan saraf. Vitamin B1 berguna dalam mengubah energi untuk tubuh, terutama pada sistem saraf dan otak. Ayah akan dengan mudah menemukan vitamin ini di daging sapi, jeruk, dan kentang.

Vitamin B6 dapat membentuk selubung saraf dan membantu transmisi saraf otak. Ayah bisa mendapatkan vitamin dari kacang-kacangan, alpukat, dan pisang. Sedangkan, vitamin B12 sendiri berperan penting dalam pembentukan myelin yang melindungi serat saraf. Ayah bisa memperoleh vitamin ini dari ikan, ayam, daging, dan telur.

Namun, apabila Ayah ingin memenuhi ketiga asupan vitamin B tanpa perlu repot, Ayah bisa mengonsumsi Neurobion. Produk ini mengandung vitamin B neurotropic yakni B1, B6, dan B12 yang bisa membantu Ayah mencegah dan mengobati kerusakan sel saraf atau neuropati.

Tunggu apalagi? Wujudkan saraf sehat untuk NeuroHero bersama Neurobion. Untuk informasi lebih detail, silakan kunjungi www.neurobion.com. Semoga bermanfaat!

Bagikan:

Iklan