Ekspresia
Beranda Review Cara Mudah Menggunakan ChatGPT di Laptop dan Smartphone

Cara Mudah Menggunakan ChatGPT di Laptop dan Smartphone

source: nghean.gov.vn

November 2022 lalu, dunia teknologi dihebohkan dengan rilisnya ChatGPT. ChatGPT ini dikembangkan oleh OpenAI, yang bertujuan digunakan oleh manusia untuk mendapatkan jawaban dari suatu pertanyaan.

Jawaban yang diberikan oleh AI pun cukup lugas, sehingga siapa pun yang mengaksesnya dapat menyerap dengan mudah informasi dari ChatGPT. Meski begitu, Anda perlu menuliskan prompt yang efektif agar jawaban AI sesuai dengan yang diharapkan.

ChatGPT dapat diakses secara gratis melalui laptop atau smartphone. Lantas, bagaimana cara menggunakan ChatGPT di laptop atau smartphone? Simak cara mudahnya berikut ini!

Cara Menggunakan ChatGPT OpenAI di Laptop

  1. Pertama, buka browser yang ada di laptop Anda. Seperti Google Chrome, Mozilla Firefox atau Safari.
  2. Kemudian, akses ChatGPT OpenAI menggunakan link berikut https://chat.openai.com/
  3. Jika belum memiliki akun, daftar terlebih dahulu. Jika sudah, langsung saja log in menggunakan akun Google (Gmail) yang sudah didaftarkan sebelumnya.
  4. Apabila sudah berhasil log in, Anda dapat langsung membuat pertanyaan atau perintah di dalam kolom dialog yang tersedia.
  5. Kirim pertanyaan atau perintah tersebut, lalu tunggu sampai ChatGPT membalas.
  6. Untuk mendapatkan tanggapan lain, silakan klik opsi ‘Try Again’ pada ChatGPT.

Cara Menggunakan ChatGPT OpenAI di Smartphone

  1. Bukalah browser yang terpasang di smartphone Anda, umumnya seperti Google Chrome atau Safari.
  2. Selanjutnya, akses link ChatGPT berikut https://chat.openai.com/.
  3. Log in menggunakan akun Google (Gmail) Anda.
  4. Jika sudah berhasil, akan muncul kotak dialog, di mana Anda dapat menuliskan pertanyaan atau perintah pada ChatGPT.
  5. Contoh perintah atau pertanyaan yang dapat Anda tuliskan seperti, ‘cara menghias kue ulang tahun yang meriah’ atau ‘buat esai tentang kesehatan mental sebanyak 400 kata dengan sumber referensinya’.
  6. Kemudian, kirim pertanyaan atau perintah tersebut dan tunggu sampai ChatGPT memberikan jawaban.
  7. Untuk mendapatkan tanggapan yang berbeda, Anda dapat memilih opsi ‘Try Again’ di ChatGPT.

Bahasa utama yang digunakan dalam teknologi ChatGPT adalah bahasa Inggris. Namun, AI sekarang ini telah support 94 bahasa di dunia, seperti Bahasa Indonesia, Bahasa Jawa, Bahasa Perancis hingga Bahasa Arab.

Sejak peluncurannya, ChatGPT OpenAI telah menarik perhatian 100 juta penggunanya untuk membantu meringankan pekerjaan dan lain-lain. ChatGPT memang dirancang untuk memberikan kemudahan bagi seseorang untuk menyelesaikan pekerjaan yang ditanggungnya.

Akan tetapi, Anda harus tetap berhati-hati dalam menggunakannya, karena hasil yang diberikan ChatGPT tidak akan sesempurna hasil kerjaan yang dibuat sendiri.

Artikel ini hanya membahas membahasa dasar-dasar penggunaan ChatGPT. Apabila Anda ingin mengetahui lebih jauh tentang cara memakai ChatGPT, buka link ini. Di artikel itu, ChatGPT dibahas secara lengkap dan jelas.

Ingat, ya! Gunakan ChatGPT untuk kebutuhan yang sekiranya mendesak atau mendadak, agar Anda lebih bijak dalam berseluncur di dunia maya. Semoga bermanfaat!

Bagikan:

Iklan