Ekspresia
Beranda Kesehatan Impetigo: Penyebab, Gejala, dan Pengobatan yang Tepat

Impetigo: Penyebab, Gejala, dan Pengobatan yang Tepat

Impetigo adalah infeksi kulit yang sangat menular dan sering menyerang bayi dan anak-anak, meskipun orang dewasa juga bisa terjangkit.

Penyakit ini biasanya tidak serius, tetapi bisa menimbulkan ketidaknyamanan dan memerlukan pengobatan yang tepat untuk mencegah penyebaran lebih lanjut. Simak ulasan lengkapnya tentang penyebab, gejala serta pengobatan impetigo yang tepat berikut ini!

Penyebab Impetigo

Impetigo disebabkan oleh dua jenis bakteri, yaitu Staphylococcus aureus dan Streptococcus pyogenes. Bakteri ini dapat memasuki tubuh melalui luka kecil, gigitan serangga, atau area kulit yang mengalami iritasi.

Kontak langsung dengan orang yang terinfeksi atau benda yang terkontaminasi, seperti handuk atau mainan, juga dapat menyebabkan penyebaran impetigo.

Gejala Impetigo

Gejala impetigo bisa bervariasi tergantung pada jenisnya, yaitu impetigo krustosa dan impetigo bulosa.

  • Impetigo Krustosa: Jenis ini paling umum terjadi dan ditandai dengan munculnya luka kecil berwarna merah yang dengan cepat pecah, meninggalkan kerak berwarna kuning atau coklat. Luka ini biasanya muncul di wajah, terutama di sekitar hidung dan mulut, namun bisa juga muncul di bagian tubuh lain.
  • Impetigo Bulosa: Jenis ini lebih jarang dan biasanya menyerang bayi dan anak-anak. Ditandai dengan munculnya lepuhan berisi cairan yang besar dan tidak mudah pecah. Ketika lepuhan ini pecah, akan meninggalkan bekas luka yang lebih besar dan kulit yang terlihat merah dan meradang.

Pengobatan Impetigo

Pengobatan impetigo bertujuan untuk menghilangkan infeksi, mengurangi gejala, dan mencegah penyebaran. Beberapa langkah pengobatan yang umum dilakukan meliputi:

  • Antibiotik Topikal: Untuk kasus ringan, dokter biasanya meresepkan salep atau krim antibiotik yang diaplikasikan langsung pada kulit yang terinfeksi. Antibiotik ini membantu membunuh bakteri dan mempercepat penyembuhan.
  • Antibiotik Oral: Untuk kasus yang lebih parah atau jika infeksi tidak merespon terhadap antibiotik topikal, dokter mungkin akan meresepkan antibiotik oral. Ini membantu mengatasi infeksi dari dalam tubuh.
  • Kebersihan dan Perawatan Luka: Menjaga kebersihan area yang terinfeksi sangat penting untuk mencegah penyebaran. Cuci tangan secara teratur, gunakan sabun antibakteri, dan hindari menyentuh atau menggaruk luka. Tutupi luka dengan perban steril untuk mencegah penyebaran bakteri ke bagian tubuh lain atau orang lain.
  • Hindari Kontak Langsung: Agar tidak menular ke orang lain, hindari kontak langsung dengan orang yang terinfeksi dan jangan berbagi barang-barang pribadi seperti handuk atau pakaian.

Pencegahan Impetigo

Meskipun impetigo mudah menular, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mencegah penyebarannya:

  • Cuci Tangan: Ajari anak-anak untuk mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir secara teratur.
  • Jaga Kebersihan Luka: Segera bersihkan dan rawat luka atau gigitan serangga untuk mencegah infeksi.
  • Hindari Berbagi Barang Pribadi: Jangan berbagi handuk, pakaian, atau barang pribadi lainnya dengan orang yang terinfeksi.

Dengan pengobatan yang tepat dan menjaga kebersihan, impetigo dapat sembuh dengan cepat tanpa meninggalkan komplikasi yang serius. Jika Anda atau anak Anda menunjukkan gejala impetigo, segeralah konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang sesuai.

Dapatkan informasi yang lebih lengkap hanya di pafikotacilacap.org. Semoga ulasan ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat bagi para pembaca!

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan