Ekspresia
Beranda Kesehatan Gejala Infeksi Saluran Kemih yang Paling Umum Terjadi

Gejala Infeksi Saluran Kemih yang Paling Umum Terjadi

Infeksi saluran kemih (ISK) merupakan kondisi di mana organ yang termasuk ke dalam sistem kemih mengalami infeksi. Organ-organ tersebut bisa ginjal, ureter, uretra atau kandung kemih. Namun, umumnya infeksi saluran kemih terjadi di uretra dan kandung kemih.

Infeksi ini terjadi akibat bakteri yang masuk ke saluran kemih melalui uretra. Kemudian, bakteri tersebut berkembang biak di dalam kandung kemih. Apabila tidak segera ditangani, bakteri bisa menyebabkan infeksi sampai ke ginjal.

Berikut ini adalah beberapa gejala infeksi saluran kemih yang umum terjadi. Simak baik-baik, ya!

Keinginan Untuk Buang Air Kecil Terus-Menerus

Ketika terjadi infeksi, kandung kemih tidak bisa menampung urine dengan optimal. Akibatnya, kandung kemih jadi cepat penuh, sehingga membuat penderitanya terus-menerus ingin buang air kecil.

Normalnya, frekuensi buang air kecil sekitar 4 – 8 kali sehari. Namun karena infeksi, frekuensi buang air kecil bisa melebihi normalnya orang biasa.

Kencing Terasa Panas dan Perih

Kondisi ini memiliki nama medis yakni disuria. ISK menyebabkan disuria yang menimbulkan rasa nyeri, panas atau tidak nyaman saat buang air kecil.

Biasanya, kita menyebutnya dengan nama anyang-anyangan. Rasa nyeri tersebut juga bisa bersumber dari kandung kemih, uretra atau area antara vagina dan anus.

Kencing Jadi Berdarah, Berbau Tajam dan Keruh

Biasanya, urine yang berwarna keruh dan tidak disertai gejala lain menandakan kita mengalami dehidrasi. Namun, jika urine keruh dengan rasa nyeri atau panas saat kencing dan juga berbau tajam. Bisa jadi itu menandakan gejala infeksi saluran kemih.

Gejala infeksi saluran kemih lainnya juga bisa disertai dengan munculnya darah dalam urine (hematuria). Darah dalam urine bisa terlihat dengan mata telanjang atau hematuria kotor, sehingga mengubah air toilet menjadi merah muda atau merah cerah.

Namun, ada juga darah di dalam urine yang tidak terlihat jelas (hematuria mikroskopis) dan hanya bisa terdeteksi melalui tes urine.

Selain tiga gejala di atas, ISK juga membuat kita mungkin mengalami inkontinensia urine. Di mana otot-otot panggul melemah, sehingga kita jadi kesulitan menahan buang air kecil dan mengalami kebocoran urine.

Hal ini bisa diatasi dengan memakai pampers terbaik untuk dewasa dari Confidence. Permukaannya yang lembut dan cepat kering akan memberikan kenyamanan saat memakainya. Pampers dewasa Confidence juga mudah untuk dilepas-pasang berulang kali.

Kunjungi laman tanyaconfidence.com untuk mendapatkan lebih banyak informasi seputar kesehatan dan yang lain. Semoga bermanfaat!

Bagikan:

Iklan