Ekspresia
Beranda TipsTorial Ingin AC Tetap Awet Bertahun-tahun? Begini Tips Merawatnya

Ingin AC Tetap Awet Bertahun-tahun? Begini Tips Merawatnya

Hidup di kota dengan kepadatan penduduk yang tinggi memang membuat sebagian besar orang merasa membutuhkan AC. Kehadiran AC sendiri mampu memberikan suasana yang sejuk sehingga aktivitas di dalam rumah menjadi semakin nyaman.

Namun, apakah kamu sering merasa jika AC di rumah sudah mulai kurang dingin? Hal tersebut bisa terjadi karena kurangnya perawatan. Padahal, merawat AC bukanlah hal yang sulit apabila kamu mengetahuinya dengan baik.

Tips Merawat AC Agar Tahan Lama

Maka dari itu, sebaiknya Sobat Ekspresia menyimak ulasan berikut ini agar lebih memahami cara merawat AC dengan baik sehingga terhindar dari kerusakan yang fatal.

Membersihkan Filter AC secara Rutin

Jika AC di rumah sudah terasa tidak sedingin biasanya, kemungkinan ini menandakan bahwa filter AC dalam kondisi kotor. Kamu bisa membersihkan filter secara rutin dengan membuka bagian filter.

Kemudian, cuci filter menggunakan sikat gigi bekas dan air bersih. Apabila filter sangat kotor, kamu bisa mempertimbangkan untuk menggantinya dengan filter yang. Perlu kamu ketahui jika filter kotor bisa menghalangi aliran udara dan jika kamu biarkan terlalu lama, maka AC akan cepat rusak.

Mengaktifkan Fitur Pengaturan Waktu

Mengaktifkan fitur timer atau pengaturan waktu adalah cara merawat yang paling sederhana. Pasalnya, fitur ini akan membantu AC milikmu mati secara otomatis sesuai dengan waktu yang kamu tentukan.

Tidak hanya membuat AC lebih awet, hal ini akan membuatmu semakin hemat listrik dan menghindari lupa mematikan AC ketika sudah tidak kamu butuhkan. Lebih baik biarkan AC bekerja maksimal selama 5 jam dalam satu kali pemakaian.

Apabila sudah melewati durasi tersebut, sebaiknya AC kamu matikan agar komponen di dalamnya bisa beristirahat. Adanya fitur timer membuat kamu bisa mengatur AC mati setiap 5 jam sekali agar mesin bisa kembali dingin.

Memeriksa Tekanan Freon

Cara merawat AC yang bisa kamu lakukan berikutnya adalah rutin memeriksa tekanan freon. Freon sendiri merupakan bahan yang mampu membuat udara menjadi terasa dingin. Apabila udara dari AC sudah tidak dingin, maka kemungkinan ada kebocoran pada freon karena tekanan freon yang menurun.

Oleh sebab itu, periksa tekanan freon AC secara berkala, misalnya 6 bulan sekali. Dalam hal ini, sebaiknya percayakan kepada orang yang lebih ahli seperti jasa service AC jakarta.

Menurunkan Suhu Secara Bertahap

Ketika kamu menyalakan AC, sebaiknya atur suhu di angka 25 derajat lebih dulu dan menurunkan suhu secara perlahan. Kamu bisa menurunkan suhu mulai dari 1 hingga 4 derajat di awal. Biarkan tubuhmu beradapatasi dan merasakan suhunya.

Menurunkan suhu lebih dari 5 derajat secara berturut-turut dapat membuat kompresor dan filter AC berkerja lebih keras sehingga mempercepat keausan yang berdampak buruk pada mesin AC.

Service AC secara Berkala

Jika kamu merasa tidak mampu melakukan pemeriksaan AC secara mandiri, kamu bisa memanfaatkan layanan jasa service AC untuk membantu memperbaiki kerusakan kecil atau mencegah munculnya kerusakan besar pada AC ruanganmu.

Multi Jaya Servcie AC hadir memberikan berbagai layanan untukmu yang ingin merawat AC agar tahan lama. Jasa service AC Jakarta ini telah menyediakan tim yang profesional sehingga mampu merawat dan mengatasi masalah AC dengan baik.

Selain itu, pengalaman lebih dari 15 tahun di bidang jasa service AC dan barang elektronik membuat Multi Jaya Service AC sudah mendapat kepercayaan dari ribuan pelanggannya.

Penasaran dengan layanan terbaik dari jasa Service AC Jakarta Selatan ini? Sobat Ekspresia bisa mengunjungi multijayaserviceac.com  untuk informasi lebih detailnya. Yuk, jaga AC milikmu tetap dingin bersama Multi Jaya Service AC ! Semoga bermanfaat!

Bagikan:

Iklan