Penyebab haid tidak lancar

Setiap wanita memiliki siklus haid yang berbeda-beda namun untuk siklus haid yang normal adalah 25 sampai 38 hari. Di luar dari waktu itu, maka para wanita harus waspada sebab bisa saja mengalami gangguan siklus haid. Ada banyak penyebab haid tidak lancar yang bisa saja dialami oleh sebagian wanita.

Penyebab haid tidak lancar utamanya bisa karena stress ataupun dipicu berbagai kondisi penyakit yang mungkin cukup berbahaya.        Oleh karena itu Anda wajib mengetahui lebih dini dan memahami apa saja pemicu utama siklus haid yang mengalami gangguan?

Hamil dan Menyusui

Kondisi yang bisa mengganggu siklus haid salah satunya adalah ketika seorang wanita sedang hamil dan juga menyusui. Ketika terjadi kehamilan, tentu saja memang menstruasi akan berhenti sementara di fase menyusui atau pasca melahirkan kondisi hormon wanita kerap tidak teratur.

Saat menyusui dan memproduksi ASI hormon prolaktin mengalami peningkatan. Ini bisa saja menyebabkan haid yang tidak lancar.

Memakai Alat Kontrasepsi

Penyebab tidak lancar juga bisa disebabkan karena penggunaan alat kontrasepsi bagi wanita yang sedang menunda kehamilan. Namun tidak semua alat kontrasepsi begitu, karena hanya pada jenis tertentu seperti alat kontrasepsi spiral dan juga pil KB. Kontrasepsi spiral bisa membuat darah haid lebih banyak keluar dan juga membuat nyeri menstruasi semakin meningkat.

Sementara untuk penggunaan pil KB membuat darah haid justru keluar lebih sedikit apalagi di awal penggunaan. Biasanya jika mengkonsumsi pil KB anda tidak akan mengalami menstruasi sama sekali sampai 6 bulan.

Alami Menopause

Seorang wanita yang memasuki usia 40 tahun maka akan masuk ke fase menopause. Pada fase ini, wajar saja jika haid mulai tidak teratur bahkan nantinya haid sudah tidak muncul sama sekali ketika sudah mulai masuk ke fase lansia.

Hal tersebut tentu saja bisa terjadi karena memang saat menopause wanita sudah tidak bisa hamil lagi. Secara otomatis menstruasi juga akan berhenti keluar setiap bulan.

Gangguan Tiroid

Apakah anda salah satu orang yang memiliki kondisi gangguan kelenjar tiroid? Kelenjar tiroid adalah kelenjar yang dapat membantu mengatur metabolisme tubuh. Ketika kelenjar tiroid sedang terganggu fungsinya, maka bisa tidak bekerja dengan baik.

Hal ini akan berpengaruh pada siklus menstruasi yang akan terganggu. Anda harus mengembalikan kondisi prima terlebih dahulu jika ingin menstruasinya lancar.

Alami PCOS

Seseorang dengan kondisi alami PCOS juga kerap memiliki siklus menstruasi yang cenderung lambat. PCOS adalah sebuah kondisi di mana wanita mengalami kelainan hormon di dalam tubuh yang juga mempengaruhi sistem metabolisme tubuh.

PCOS dapat membuat fungsi indung telur pada rahim wanita jadi terganggu. Jika alami PCOS sebaiknya sembuhkan dulu kondisi penyakit ini, agar bisa mendapatkan siklus haid yang kembali normal.

Itu tadi beberapa penyebab haid tidak lancar yang wajib dipahami dan diwaspadai apalagi jika mengalami kondisi penyakit tertentu yang memicu siklus haid menjadi kacau. Lakukan pemeriksaan ke dokter untuk upaya pengecekan dan diagnosa serta mendapatkan tindak lanjut yang tepat.

Ketika sedang menstruasi maka Anda wajib menggunakan pembalut yang tepat untuk keamanan dan juga mencegah hal-hal buruk terjadi. Saat ini ada banyak pilihan pembalut yang aman dan nyaman salah satunya dari merek Charm. Charm menghadirkan pembalut yang dibuat dari material berkualitas sehingga tidak akan membuat iritasi pada kulit terutama kulit Anda yang sensitif. Pembalutnya juga sudah pasti anti bocor dan terdapat banyak pilihan pembalap yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

List Blog Keren Rajabacklink