Bagian Kaki-Kaki Mobil

Biasanya setiap pemilik kendaraan hanya fokus dengan perawatan pada bagian luar dan dalam saja, tapi terkadang melupakan perawatan pada bagian bawah mobil. Padahal bagian bawah ini menjadi pondasi penting yang menampung beban body mobil hingga penumpang yang ada di dalam.

Jadi penting sekali untuk dirawat dengan sangat baik terutama bagian kaki-kaki yang memang punya peran yang penting dalam mengemudi mobil. Dengan tekanan yang besar, maka wajib untuk dicek ketika sedang servis ringan di bengkel, apalagi kaki-kaki terdiri dari beberapa komponen pendukung. Apa saja komponen pendukungnya? berikut daftarnya.

Suspensi

Ketika melewati jalan bebatuan atau kasar bahkan berlubang tentunya mobil mengalami guncangan yang cukup terasa, tetapi dengan adanya redaman yang dilakukan suspensi maka bisa mengurangi guncangan yang terjadi. Komponen ini berasal dari baja yang anti karat sehingga minim terjadinya karatan dan juga berdaya tahan tinggi.

Biasanya seiring pemakaian apalagi sering bepergian jauh maka kinerja suspensi akan berkurang. Jika suspensi sudah kurang berfungsi maka ketika melaju akan terasa seperti mobil membanting ke kanan atau kiri tergantung suspensi yang bermasalah atau ada suara bising saat di jalan.

Bushing arm

Komponen selanjutnya yaitu bushing arm yang bertugas melakukan pencengkraman roda atau pada tumpuan roda. Bentuknya seperti selongsong besi yang didukung oleh karet sehingga bisa membantu komponen suspensi untuk meredam getaran serta guncangan pada mobil. Untuk mengetahui komponen ini rusak atau tidak, maka bisa cek di jalan jika secara tiba-tiba mobil agak melenceng ke kanan atau kiri maka kemungkinan bushing arm sudah rusak.

Bearing

Berikutnya adalah bearing yang memiliki fungsi sebagai bantalan roda sehingga roda selalu bisa berputar pada porosnya masing-masing. Selain itu fungsi lain dari bearing adalah laju mobil jadi stabil dan tidak mudah goyah. Cara mengecek komponen satu ini dengan cara melihat perputaran roda, apabila terdapat suara yang memang bising atau bahkan gemuruh pada roda maka pertang bahwa bearing mesti diganti.

Ban

Jika ingin bagian kaki-kaki tidak cepat rusak, maka bisa beli ban yang berkualitas karena ban bergesekan langsung dengan aspal jalan sehingga rawan terjadi masalah. Cara mendeteksi adanya masalah pada ban maka bisa memanfaatkan dongkrak untuk mengangkat mobil. Selanjutnya coba gerakkan bagian ban ke kanan atau kiri seperti akan berbelok, jika ada bunyi yang timbul maka ban juga harus diganti.

Itulah beberapa komponen pendukung pada kaki-kaki mobil, tetapi jika bagian ini sudah rusak cukup parah dan harus sering bawa ke bengkel, maka akan berpikir bahwa mobil lama harus segera dijual. Sebenarnya sekarang tidak perlu lagi bingung karena menjual mobil sekarang mudah dengan gabung lelang mobil di IBID.

Buka layanan titip lelang pada situs resmi IBID dan cari informasinya di halaman tersebut, jika tertarik maka bisa langsung register dan menyerahkan informasi yang lengkap tentang kendaraan yang dilelang, mudah kan?

List Blog Keren Rajabacklink