Gerakan Tutup Mulut

Gerakan tutup mulut atau sering disebut sebagai GTM adalah respon yang muncul pada anak ketika waktunya makan. Banyak orang tua yang merasa cemas saat anak mengalami kondisi ini apalagi jika terjadi dalam waktu yang lama.

Ditakutkan si kecil akan mengalami kehilangan berat badan karena terlalu lama melakukan gerakan GTM. Untuk itu, Anda sebagai orang tua harus kerja sama untuk mengatasi anak GTM dengan beberapa langkah.

Tips Atasi Gerakan Tutup Mulut

Berikut beberapa cara untuk atasi GTM yang bisa dicoba.

Buat Suasana Yang Nyaman

Ayah ibu harus bekerja sama dalam berperan untuk membuat suasana yang lebih nyaman ketika waktunya makan. Jangan sekali-kali memaksa anak untuk makan ketika menolak. Biarkan terlebih dahulu anak saat tidak ingin memakan makanannya lalu tawarkan kembali beberapa saat kemudian.

Jangan sampai ibu memarahi anak karena tidak mau makan, karena ini akan membuat anak semakin menjadi-jadi. Ayah bisa membantu untuk mengajak anak ngobrol terlebih dahulu sementara sang ibu menyuapi anak.

Beri Makanan Sesuai Porsi

Untuk si kecil yang baru belajar makan sendiri maka pastikan memberi porsi makanan yang sesuai. Jangan pernah memberi makanan dengan porsi yang berlebihan dan memaksa anak untuk menghabiskannya.

Sebagai orang tua, Anda pasti lebih tahu berapa kemampuan anak untuk makan sesuai porsinya.

Tidak Memberikan Gadget

Hindari kebiasaan buruk memberikan gadget untuk mendampingi anak saat makan. Lebih baik Anda memfokuskan anak untuk melihat makanannya. Ini untuk membuat anak tahu mana prioritas antara waktu bermain dan waktunya makan.

Buat waktu makan bersama setiap hari di dalam keluarga untuk meningkatkan ikatan antara orang tua dan juga anak.

Jangan Berikan Camilan

Untuk menghindari gerakan tutup mulut pada anak bisa juga dengan tidak memberikan camilan pada waktu makan. Jika ingin memberikan camilan di sela-sela waktu makan pilih cemilan sehat yang bernutrisi seperti buah dan yogurt.

Memberikan camilan berlebihan akan membuat anak merasa kenyang saat waktu makan tiba dan akan GTM ketika ditawari makanan berat

Itu tadi beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghindari anak melakukan GTM. Untuk anak yang baru belajar makan, agar bisa membuat suasana makan jadi lebih nyaman maka pilih penggunaan popok yang tepat pula.

Sebab ketika Anda memilih popok yang membuat kulit mudah iritasi, tentu saja anak tidak akan merasa nyaman mengkonsumsi makanannya atau melakukan kegiatan lain. Anda bisa pilih produk popok dari Merries dengan kualitas terbaik dan daya serap tinggi. Informasi lengkap seputar produk ini bisa cek di https://merries.co.id/.

List Blog Keren Rajabacklink